Author by nurhayati.blogsome.com/2006/11/30/pekerjaan-sekretaris/
Walaupun kemajuan teknologi mempermudah banyak tugas sekretaris, akan tetapi dengan semakin komleksnya kerja seorang eksekutif, kebutuhan akan tenaga sekretaris yang mampu mengantisipasi perkembangan zaman terus meningkat. Sekretaris yang kompeten merupakan asset yang sangat berharga bagi seorang eksekutif.
Di zaman ekonomi global dengan tingkat teknologi tinggi, para eksekutif menjadi sangat tergantung pada dukungan stafnya untuk mengontrol system yang baru. Ini juga merupakan undangan bagi para sekretaris untuk meninggalkan kenyamanan yang sudah Anda kenal dan kenikmatan masa lalu dan mulai menantang peran mereka yang telah berubah di tempat kerja dengan antusias.
Era globalisasi informasi dan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi menuntut bagi orang-orang yang menggeluti profesi Sekretaris untuk selalu menyesuaikan diri dan memperlebar wawasan bila tidak ingin tenggelam dalam persaingan atau rutinitas Pekerjaan. Walaupun demikian, era informasi ini hendaknya tidak dijadikan ancaman, sebab era ini sebenarnya telah menciptakan kesempatan yang tidak terduga bagi para sekretaris untuk meningkatkan status pekerjaannya dan pada akhirnya gaji mereka.
Perubahan-perubahan akibat dari kemajuan iptek telah terjadi. Kebanyakan dari perubahan-perubahan itu dapat dengan jelas terlihat, misalnya:
- Banyak tugas, seperti pembukuan dan pengetikan, sekarang dikerjakan dengan komputer.
- Surat-surat di banyak kantor tidak lagi dikirim dengan jasa pos, tetapi dengan alat kirim elektronik, seperti mesin faks atau email.
- Telepon semakin vital fungsinya.
- Penelitian tidak lagi terbatas pada perpustakaan local, tetapi dari database yang bersifat nasional.
- Mencari arsip di kantor-kantor yang modern, berarti memanggil data dari dokumen yang tersimpan di dalam hardisk PC ataupun Flashdisk.
Perhatikan bagaimana pengaruh teknologi terhadap profesi sekretaris dan bagaimana peran sekretaris berubah dengan cepat hanya dalam beberapa dekade. Hal-hal kecil, seperti mengerti cara kerja mesin-mesin dan system baru serta bagaimana cara kerja mesin-mesin dan sistem baru serta bagaimana cara menggunakannya untuk kelancaran tugas-tugas ternyata juga sangat penting bagi peningkatan Career Anda.
Satu keharusan yang harus dimiliki sekretaris dalam Era Globalisasi Informasi ini adalah kemampuan untuk bekerja secepatnya terutama dalam menangani informasi-informasi vital. Demikian juga bagi sekretaris yang tidak begitu tertarik dengan informasi - informasi baru.
Walaupun kemajuan teknologi mempermudah banyak tugas sekretaris, akan tetapi dengan semakin komleksnya kerja seorang eksekutif, kebutuhan akan tenaga sekretaris yang mampu mengantisipasi perkembangan zaman terus meningkat. Sekretaris yang kompeten merupakan asset yang sangat berharga bagi seorang eksekutif.
Di zaman ekonomi global dengan tingkat teknologi tinggi, para eksekutif menjadi sangat tergantung pada dukungan stafnya untuk mengontrol system yang baru. Ini juga merupakan undangan bagi para sekretaris untuk meninggalkan kenyamanan yang sudah Anda kenal dan kenikmatan masa lalu dan mulai menantang peran mereka yang telah berubah di tempat kerja dengan antusias.
Era globalisasi informasi dan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi menuntut bagi orang-orang yang menggeluti profesi Sekretaris untuk selalu menyesuaikan diri dan memperlebar wawasan bila tidak ingin tenggelam dalam persaingan atau rutinitas Pekerjaan. Walaupun demikian, era informasi ini hendaknya tidak dijadikan ancaman, sebab era ini sebenarnya telah menciptakan kesempatan yang tidak terduga bagi para sekretaris untuk meningkatkan status pekerjaannya dan pada akhirnya gaji mereka.
Perubahan-perubahan akibat dari kemajuan iptek telah terjadi. Kebanyakan dari perubahan-perubahan itu dapat dengan jelas terlihat, misalnya:
- Banyak tugas, seperti pembukuan dan pengetikan, sekarang dikerjakan dengan komputer.
- Surat-surat di banyak kantor tidak lagi dikirim dengan jasa pos, tetapi dengan alat kirim elektronik, seperti mesin faks atau email.
- Telepon semakin vital fungsinya.
- Penelitian tidak lagi terbatas pada perpustakaan local, tetapi dari database yang bersifat nasional.
- Mencari arsip di kantor-kantor yang modern, berarti memanggil data dari dokumen yang tersimpan di dalam hardisk PC ataupun Flashdisk.
Perhatikan bagaimana pengaruh teknologi terhadap profesi sekretaris dan bagaimana peran sekretaris berubah dengan cepat hanya dalam beberapa dekade. Hal-hal kecil, seperti mengerti cara kerja mesin-mesin dan system baru serta bagaimana cara kerja mesin-mesin dan sistem baru serta bagaimana cara menggunakannya untuk kelancaran tugas-tugas ternyata juga sangat penting bagi peningkatan Career Anda.
Satu keharusan yang harus dimiliki sekretaris dalam Era Globalisasi Informasi ini adalah kemampuan untuk bekerja secepatnya terutama dalam menangani informasi-informasi vital. Demikian juga bagi sekretaris yang tidak begitu tertarik dengan informasi - informasi baru.
Tingkatkanlah pengetahuan kamu untuk menunjang Career dengan membaca artikel lainnya di: Info Dalam Pekerjaan.
No comments:
Post a Comment