Selasa, 04 Oktober 2011

Info Cara Perawatan Payudara Saat Ibu Hamil

Author: Ucup_Mardhiono
 
Seorang perempuan hamil dan melahirkan memang merupakan hal yang merupakan sudah menjadi kodrat alami. Tidak mudah bagi seorang perempuan menjadi seorang ibu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara merawat seorang bayi ketika masih dalam kandungan dan juga ketika sudah lahir ke dunia. Cara yang kamu butuhkan untuk melakukan perawatan sebelum sang bayi lahir ke dunia, salah satunya yaitu kamu melakukan perawatan payudara yang di lakukan sejak sang ibu hamil. Tujuan utama perawatan payudara yang di lakukan ketika masih hamil, supaya proses laktasi bisa lancar dan menjadikan Susu Bayi Berkualitas, juga dapat menghindari kesulitan - kesulitan ketika menyusui. 

Perawatan Payudara Sangat Penting Untuk ASI

Menurut dr. Suharjanti Kramadibrata, Sp.OG dari RSPAD Gatot Subroto Jakarta, memberitahukan kalau Perawatan Payudara sangat di anjurkan ketika usia kehamilan menginjak usia 5 - 6 bulan. Di karenakan kalau kamu sudah mulai melakukan perangsangan puting sejak awal kehamilan, bukanlah hasil baik yang akan di dapatkan, tetapi malah kontraksi rahim akan terjadi. Cara Perawatan Payudara yang harus kamu lakukan menurut dr. Suharjanti Kramadibrata, Sp.OG ada 3 tahap, yaitu:

1. Pemijatan,
2. Senam Teratur,
3. Memakai Bra Yang Pas Jangan Ketat.

Rawatlah Payudara Kamu Saat Hamil


Berikut ini adalah penjelasan secara lebih detil tentang 3 tahap di atas:

1. Pemijatan
Proses pemijatan bisa kamu lakukan ketika kamu mandi. Sebelum mandi, terlebih dahulu ada baiknya kamu persiapkan di waskom air hangat dan air dingin, minyak kelapa yang bersih (paling baik jika bikinan sendiri) atau baby oil, handuk, dan kapas. Bersihkanlah payudara kamu dengan membasuh perlahan dan lembut menggunakan air bersih, biarkan agak mengering tidak basah lagi lalu ambil dan lumuri salah satu payudara kamu dengan baby oil secara merata. Langsung saja kamu raih payudara yang telah di lumuri baby oil kemudian lakukan pijatan - pijatan lembut secara perlahan dan lembut dari bagian bawah bentuk telapak tangan kamu seperti mangkuk ketika memijat dari bawah payudara kamu. Perlahan kamu pijat ke samping kemudian ke atas juga secara perlahan dan lembut pijatannya. Kemudian kamu pijat perlahan menuju puting dengan perlahan lembut agak di tarik sedikit putingnya dengan sangat lembut. 

Proses Pemijatan Payudara Saat Hamil


Ketika kamu selesai melakukan proses memijat, lakukanlah ketuk - ketuk payudara memakai ujung jari atau ujung ruas jari. Cara tersebut bertujuan supaya sirkulasi darah bekerja lebih baik. Selanjutnya puting di bersihkan dengan menggunakan kapas dan baby oil. Tujuan dari memberikan baby oil pada puting itu untuk melenturkan juga melembabkan puting supaya ketika menyusui nanti puting tidak mudah lecet. Terakhir, bersihkan payudara dan puting memakai air hangat dan dingin. Tujuannya untuk memperlancar sirkulasi darah. Setelah itu keringkan pakai handuk.

2. Senam Teratur

Senam teratur yang dapat kamu lakukan ada dua macam senam, tapi sangat mudah kok prosesnya. Yaitu: 

- Posisi berdiri, tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri dekat siku, sebaliknya tangan kiri memegang lengan bawah kanan (seperti orang bersidekap). Kemudian tekan kuat-kuat ke arah dada dengan cara mempererat pegangan, sehingga terasa tarikannya pada otot-otot di dasar payudara. Selanjutnya lemaskan kembali. Lakukan berulang-ulang hingga 30 kali.

- Pegang bahu dengan kedua ujung tangan, kemudian siku diputar ke depan sehingga lengan bagian dalam memijat (massage) payudara ke arah atas. Di teruskan gerakan tangan ke atas ke belakang dan kembali pada posisi semula. Lakukan latihan ini 20 kali putaran.

3. Memakai Bra Yang Pas Jangan Ketat.

Payudara saat hamil cenderung akan membesar secara berkala dan bisa timbulkan rasa tidak nyaman, oleh karena itu pakailah hanya bra yang pas dan bisa memegang jangan yang ketat apalagi sport bra. Jangan pakai yang terlalu ketat bukan berarti harus longgar, tapi harus benar-benar pas sesuai ukuran payudara saat itu dan dapat menopang perkembangan payudara. Kalau kamu pakai yang terlalu sempit atau ketat maka akan menghambat perkembangan kelenjar payudara, sedangkan kalau terlalu longgar akan tampak jatuh dan sakit di pakainya.

Bra Yang Pas Saat Hamil
 
Kalau saja payudara ukurannya sudah sangat besar, ada baiknya untuk memilih yang memakai penyangga kawat. Karena bra yang tak menopang dengan baik pada payudara besar cenderung akan turun dan membentuk lipatan di bagian bawah payudara. Sementara jika si ibu tak menjaga kebersihan dan kekeringan di bawah lipatan tersebut, maka jamur biasanya akan tumbuh. Jangan lupa, tubuh ibu hamil cenderung berkeringat. Untuk itu, pilihlah bra dari bahan katun atau campuran katun sehingga nyaman dipakai dan mudah menyerap keringat. Tali pengikatnya agar dipilih yang lebar sehingga dapat menyangga payudara dengan baik. Bila jamur sudah terlanjur hadir, segera bawa ke dokter. Sebab, jika jamur naik hingga ke seluruh payudara bisa menjadi masalah pada saat menyusui nanti.
3 Tahap yang sangat mudah kan untuk kamu lakukan? Selain kamu merawat payudara dari luar, kamu juga dapat melakukan perawatan dari dalam, yaitu dengan mengontrol makanan yang di konsumsi. Jumlah protein, vitamin, gizi, dan lain - lainnya harus di perhatikan. Jangan konsumsi terlalu banyak makanan berlemak yang berlebihan dalam 1 hari. Perbanyak makan sayur dan buah, terutama daun katuk yang di masak jadi sayur bening. 

Kalau saja memang kamu melakukan perawatan dari luar dan dalam seperti cara - cara di atas pasti akan menghasilkan Susu Bayi Berkualitas. Daripada kamu tidak dapat menyusui yang pas untuk bayi kamu sehingga harus memberikan Susu Bayi Murah atau mungkin yang mahal seperti ada di supermarket atau hipermarket, mending juga kamu merawat payudara kamu dari luar juga dari dalam, benar begitu ya kan? 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar